ALUR PELATIHAN VCT / VCI BATCH 4

Di tulisan sebelumnya sudah dijelaskan inti dari pelatihan VCT / VCI, nah bagi yang masih penasaran tentang kegiatan VCI di tulisan ini saya akan coba bahas lebih rinci step by step dalam kegiatan  VCI batch 4 yang saya sudah ikuti bulan Juni lalu . Lets check this out!


1. Mendaftar kegiatan VCI dengan mengisi form dengan link yang sudah disediakan.
2. Menunggu undangan grup whatsapp kurang lebih 1 minggu sejak tanggal pendaftaran, grup whatsapp tersebut menampung peserta yang telah mendaftar dari instansi disekitar Kota dan Kabupaten Sukabumi. Jadi setiap kota khususnya di Jabar akan memiliki grup whatsapp yang berbeda, hal ini karenakan jumlah keanggotaan grup whatsapp yang terbatas.
3. Setelah saling sapa dan berkenalan via grup whatsapp, seluruh peserta dapat  bertemu dan bertatap muka secara langsung dalam acara pembukaan VCI.

4. Setelah acara pembukaan, pelatihan akan  dimulai dari tim VCI menyampaikan materi yang akan menunjang penugasan kita kedepan, penyampaian materi ini dilakukan secara online melalui applikasi webex. Tenang.. nanti dijelasin dulu ko gimana caranya menjalankan aplikasi webex dengan baik.

Materi yang disampaikan oleh tim VCI pada pelatihan kemarin adalah :
  1. Pembuatan Digital Flyer dan QR Code
  2. Merekam Kegiatan Vicon, Mengunggah ke Youtube dan Share Rekaman Via Shorten Link
  3. Membuat Presensi Digital, Mengelola Webex dan Membuat Narasi
5. Setelah pemaparan materi oleh tim VCI kita diberikan waktu 3-4 hari untuk belajar mengaplikasikan materi yang telah di dapat, jika menemukan kesulitan pada saat latihan para instruktur siap membantu sampai paham dan bisa.
6. Kemudian masuklah hari-hari penugasan, tugas utama yang harus dilakukan adalah dapat menjadi Narasumber, Host, Moderator masing-masing sebanyak 2 kali penampilan. Tugas tambahan lain nya yaitu membuat flayer kegiatan, google from untuk presensi, merekam kegiatan selama penampilan berlangsung.
7. Teknisnya jadi nanti kita mengisi jadwal pada spreadsheet yang telah disediakan, selama kurang lebih 20 hari kita bisa memilih jadwal mau tampil kapan dan bertugas sebagai apa. Waktu tampil yang fleksibel membuat temen-temen bisa memilih jadwal pada saat waktu senggang atau luang karena pelatihannya online jadi cuma bermodalkan internet yang stabil dan tentunya niat ikut pelatihan ini sampai tuntas hehe
Untuk jadwal penampilan tersedia mulai pukul 10 pagi sampai pukul 9 malam. Jadi temen-temen bisa pilih disesi berapa akan tampil. Fyi, 1 sesi adalah 60 menit atau 1 jam sehingga temen-temen yang bertugas sebagai narasumber diberi waktu kurang lebih 40 menit untuk menyampaikan materi dan sisa waktunya di isi oleh host untuk membuka/menutup acara, narasumber membacakan CV serta kalimat tambahan dari instruktur.
8. Share pengalaman, untuk menjalankan penugasan agar cepat terselesaikan enaknya kita punya patner sebanyak 2 orang untuk saling melengkapi penugasan hingga akhir. Misal : kita tampil sebagai narasumber, nah 2 orang patner lagi bisa melengkapi menjadi host dan moderator. Begitu juga sebaliknya jika patner kita bertugas  sebagai narasumber kita bisa melengkapinya menjadi host atau moderator dengan begitu penugasan kita cepat selesai dan bisa bagi-bagi tugas juga, contoh ketika kita tampil sebagai narasumber berarti kita bertugas membuat flyer kegiatan, host membantu membuat google form untuk presensi (kehadiran) dan moderator bisa membantu dalam perekaman selama penampilan nanti intinya bisa saling melengkapi.
9. Setelah kita menyelesaikan tugas utama, tugas terakhir adalah menguploadnya pada aplikasi kantung tugas.
10.Setelah kantung tugas lengkap selesai pula tugas utama kita tinggal menunggu hasil kelulusan dan penerbitan sertifikat.
11.Selama hari-hari penugasan jika kita memiliki waktu luang kita bisa ikut bergabung menjadi peserta ketika orang lain bertugas  keuntungannya sudah jelas pasti mendapatkan ilmu yang disampaikan oleh narasumber lain yang mungkin kita tidak pernah ketahui sebelumnya.
12.Atau jika kita sudah selesai penugasan alangkah lebih baiknya dapat membantu peserta yang lain jika kesulitan dalam hal penugasan.
13.Dan itulah kegiatan VCI pada batch 4 kemarin seluruh kegiatan dibantu oleh instruktur hebat yang super sabar yang bakal bantuin kita sampai bisa,  sampai lulus, sampai dapat sertifikat. Gak percaya? Yuk rasakan sendiri manfaatnya dengan menjadi bagian VCI batch 5!
LINK PENDAFTARAN VCI BATCH 5 
http://bit.ly/pendaftaran-batch5-jabar

Question dan Answer

Q Contoh flyer pada saat penampilan VCI Batch 4?
A.

Q Contoh rekaman penampilan pada saat penugasan?

Q Materi yang disampaikan moderator bebas atau di tentukan?
A Bebas materi yang sudah teman-teman kuasai saja. Jika belum ada boleh dibantu google deh hehe

Q Kalau Batch kemarin banyaknya ngebahas materi apa?
A Kebanyakan menyampai kan materi yang berhubungan dengan dunia pendidikan karena mungkin dilihat dari background peserta juga. Tetapi ada yang membawakan materi ko lain contoh : Cara Menabung yang Baik, Berbagi Resep Masakan, Trik Menyelesaikan Rubik 4x4, Tips Belajar Pengucapan Bahasa Inggris dengan Mudah dan hal menarik yang lainnya.

Q Tugas narasumber ?
A Menyiapkan materi yang akan ditampilkan, membuat flyer kegiatan, mengshare flyer beserta narasi singkat di grup VCI yang sebelumnya telah direvisi oleh instruktur.

Q Tugas host?
A Merekam kegiatan berlangsung dengan aplikasi yang sebelumnya sudah diberi pelatihan, membuka dan menutup acara, mengatur settingan pada aplikasi webex, membantu moderator jika terdapat kesulitan

Q Tugas moderator ?
A Membantu membuat google form untuk absensi peserta yang hadir pada kegiatan vicon nanti, menatur jalannya acara berlangsung dan membantu host jika terdapat kesulitan.

Q Kendala yang sering terjadi pada saat pelatihan berlangsung?
A Kendala yang sering terjadi adalah masalah sinyal atau jaringan. Karena pelatihan ini dilaksakan secara online jadi yang sangat utama yang harus dipersiapkan adalah jaringan internet temen-temen yang harus stabil.

Q Gimana kalo tengah-tengah mengundurkan diri dari pelatihan ?
A Tidak masalah, temen-temen bisa ikut kembali di batch selanjutnya. Tapi sayang aja kalau sudah setengah jalan mending diselesaikan sampai finish. SEMANGAT!

Oke mungkin segitu dulu yang bisa saya bagikan semoga dapat menjadi gambaran temen-temen untuk lebih semangat dan tertantang untuk ikut pelatihan VCI batch 5 yang dibuka dari tanggal 01 – 30 Agustus 2019. Dan mohon maaf jika ada penulisan atau perkataan yang kurang berkenan, jika  masih ada pertanyaan boleh tinggalkan komentar pada kolom dibawah.. Terima Kasih

Komentar