Senin, 26 November 2012

Contoh Laporan Perjalanan (tour Yogyakarta)


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Selayang Pandang
Proses belajar bagi siswa tidak hanya di lakukan di dalam kelas saja tetapi dapat juga di luar kelas agar siswa tidak hanya menguasai materi pelajaran saja tetapi dapat mengaplikasikan  meteri pelajaran secara langsung dilapangan. Apa lagi dengan perkembangan zaman dari waktu kewaktu yang terus berubah. Progam study tour ke Yogyakarta  ini dapat bertujuan  agar siswa siswi mengetahui sejarah serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi siswa siswi khususnya Siswa siswi SMA Negeri 2 Kota Sukabumi kelas XII.

B.     Objek Wisata yang dituju
ü  Museum Ketep
ü  Candi Borobudur
ü  Malioboro
ü  PT. Madu Kismo
ü  Candi Prambanan
ü  Taman Pintar


BAB II
PEMBAHASAN
*    Uraian Kegiatan-kegiatan objek yang dikunjungi

A.    Museum Keteup

Objek yang pertama kali di kunjungi adalah museum ketep tepatnya pada hari Selasa tanggal 6 November 2012.  Ketep Pass adalah salah nama sebuah objek wisata di Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Ketep Pass ini merupakan Obyek Wisata alam yang dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapian, khususnya Gunung Merapi.
Ketep Pass ini memiliki beberapa fungsi, yaitu :
1.      Sebagai sarana dokumentasi. Fungsi ini bisa didapat dari adanya film dokumenter yang diputar di dalam bioskop mini tempat pemutaran film dokumenter tentang aktivitas Gunung Merapi dengan kapasitas tempat duduk 78 kursi.Film ilmiah yang menceritakan tentang terjadinya, jalur-jalur pendakian, penelitian dipuncak Garuda serta letusan dahsyat Gunung Merapi, Durasi dari film ini cukup pendek, hanya sekitar 25 menit.
2.      Sebagai sarana peragaan. Fungsi ini bisa didapat dari adanya komputer interaktif yang menyimpan data-data tentang Gunung Merapi. Komputer ini tersedia di dalam Volcano Centre.
3.      Sebagai sarana edukasi. Fungsi ini bisa didapat dari adanya Volcano Centre dan Volcano Theatre.
4.      Sebagai sarana penelitian. Yakni sebagai lokasi pengamatan aktivitas Gunung Merapi.
5.      Sebagai sarana rekreasi. Fungsi ini bisa didapat dari adanya gardu pandang dan pelataran Panca Arga.
B.     Candi Borobudur

Borobudur adalah bangunan umat Budha. Di India bangunan ini berhubungan dengan ajaran Budha yang disebut stupa. Stupa ialah bangunan yang berbentuk kubah berdiri di atas sebuah lapik dan diberi payung di atasnya. Adapun arti dari pada stupa itu ialah:
-          Sebagai tempat penyimpangan relief (peninggalan-peninggalan yang dianggap suci)
-          Sebagai tanda peringatan dan penghormatan sang Budha dan Sanggha
-          Sebagai lambang suci umat Budha.
Disana kami dijelaskan tentang asal-usul Candi Borobudur oleh Tour guide yang telah ditugaskan untuk memberikan informasi tentang candi Borobudur kepada pengunjung.



C.    Malioboro

            Malioboro adalah jalan yang dipenuhi oleh pedagang yang menjual buah tangan khas Yogyakarta. Di Malioboro juga banyak menjual barang-barang tradisional seperti Blankon, bait dan lain-lain. Di Malioboro juga banyak yang menujual makanan khas Yogyakarta yaitu Bapia Patok, gudeg, winko. Brem dan lain-lain. Sehingga kami membawa buah tangan khas Jogyakarta ke Sukabumi. Pedagang Molioboro ini mulai beraktivitas mulai sore hari dan berakhir pada jam 21.30 WIB setelah lewat dari jam itu pedagang Malioboro bergebas untuk menutup ruko atau dagangannya. Jadi apabila kita ingin berbelanja pastikan tidak lebih dari jam 21.30 WIB yaa J


D.    PT. Madukismo

            Saat mengunjungi Pabrik Gula Madukismo, begitu sampai kita  langsung memasuki  Gedung Madu Chandya yang terletak tak jauh dari areal pabrik. Kita mendapat penjelasan tentang proses pembuatan gula dari tebu dan pembuatan Alkohol dari hasil samping produksi gula. Sedikitnya, penjelasan yang diberikan akan membantu kita menikmati proses produksi di dalam pabrik. Semua penjelasan itu tidak terasa membosankan karena penjelasan dikemas secara audio visual sehingga menarik untuk disaksikan.
                Setelah kita menyaksikan produksi gula yang dikemas secara audio visual, kita bisa merasakan nuansa perjalanan dengan menggunakan kereta pada masa lampau ketika berada di dalam gerbong yang ditarik oleh lokomotif tua bermesin diesel buatan Jerman. Dengan kereta itu, kita akan diantar dari Gedung Madu Chandya menuju areal pabrik melewati rel-rel tua dan perkebunan yang ada di dekat pabrik. Disepanjang perjalanan menuju pabrik kita juga bisa merasakan nuansa awal era industri. Sebuah bangunan besar berusia tua dengan halaman luas, mesin-mesin kuno serta rel-rel kereta yang menjadi jalan kereta pengangkut tebu akan menyapa dan menguatkan kesan itu. Pabrik ini menawarkan kenikmatan berwisata yang berbeda dengan tempat lainnya. Seluruhnya dikemas seperti Paket Agrowisata Madukismo.
            Begitu turun dari kereta, kita langsung menuju lokasi Pabrik Gula Madukismo. Jika datang pada bulan Mei - Oktober, kita bisa menyaksikan proses produksi gula secara langsung. Tetapi sayangnya kita tidak dapat memanfaatkan kesempatan itu karena kita datang pada waktu habis hasil produksi. Yang kita dapatkan hanya informasinya saya tentang proses produksi gula yang melewati tahap pemerahan nira untuk mendapatkan sari gula, pemurnian nira dengan sulfitasi, penguapan nira, kristalisasi, puteran gula, dan pengemasan. Disanapun terlihat mesin-mesin tua yang menjadi alat produksi di pabrik ini.
                Keluar dari lokasi produksi gula, kita langsung menuju Pabrik Alkohol Madukismo yang terletak di sebelah pabrik gula. Pabrik yang berdiri di pada tahun yang sama dengan pabrik gula ini pada tahun 1955, kita juga bisa melihat proses produksi Alkohol yang meliputi tahap pengenceran bahan baku, peragian atau fermentasi dan penyulingan. Produk alkohol ini dihasilkan oleh pabrik yang diolah dari tetes tebu, hasil samping produksi gula.
E.     Candi Prambanan
            Candi Prambanan Sebagai peninggalan kebudayaan Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan memang memiliki pesona keindahan tersendiri. Sebab selain bentuk bangunan dan tata letaknya yang menakjubkan, candi Prambanan juga menyimpan kisah sejarah dan legenda yang sangat menarik wisatawan. Tak heran bila candi yang terletak di tepi jalan raya 17 Km dari Yogyakarta menuju Solo ini menjadi obyek wisata andalan bagi kedua kota tersebut. Seperti di Candi Borobudur, di Candi Prambananpun kata dipandu oleh tour guide yang akan memberikan informasi tentang Candi Prambanan kepada pengunjung.
F.     Taman Pintar
            Begitu memasuki pintu gerbang, kita langsung disambut oleh area yang disebut sebagai Playground Arena. Air akan menyembur dari masing-masing tiang tersebut hingga membentuk sebuah koridor air. Di ujung koridor ada sebuah gong bertuliskan "Gong perdamaian Nusantara (sarana persaudaraan dan pemersatu bangsa)". Di sekeliling gong tersebut nampak logo dari semua propinsi dan kabupaten yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
            Setelah mengitari Arena dari depan, rombongan siswa/siswi SMA Negeri 2 memutuskan untuk memasuki ke dalam Gedung sejarah yang didalamnya terdapat Foto serta biografi orang-orang penting yang berjasa bagi bangsa Indonesia serta Presiden dari jaman Orde Lama hingga masa Reformasi kini ada di gedung sejarah itu, semua disajikan melalui gambar, bacaan hingga ditampilkan melalui audio visual yang sangat menarik sehingga mampu menambah pengetahuan sejarah bagi pengunjung.
            Setelah itu kita memasuki Gedung yang tampak ruangan depannya sebuah terowongan pendek yang ternyata adalah sebuah terowongan bawah air yang menembus Aquarium Air Tawar. Keluar dari terowongan, kita dikejutkan oleh sebuah patung dinosaurus besar yang meraung mengerikan. Ternyata patung itu adalah "sambutan" bagi kita yang akan segera memasuki Dome Area (area kubah). Sebuah ruangan berbentuk lingkaran yang besar dan tinggi segera nampak. Di pinggir ruangan ini ada beberapa stand yang memeragakan alat-alat iptek sederhana seperti Whimshurst Machine, Generator Van de Graft, Air track (rel udara), peta kenampakan alam Indonesia lengkap dengan lampu-lampu kecil warna-warni yang menandai letak gunung, sungai, danau, dan sebagainya. Beberapa gambar dan  kehidupan pra sejarah juga terdapat di lantai ini.
            Setelah itu ada jalan memutar naik ke lantai 2 dengan foto tokoh-tokoh dunia seperti Copernicus, Einstein, dan sebagainya serta poster planet-planet tata surya kita di sepanjang dindingnya. Lantai 2  berisi alat peraga tentang alam semesta, bumi kita, simulator gempa, simulator dan detector tsunami, peraga listrik, teknologi konstruksi, zona telekomunikasi dan try science around the world.
            Selain itu, masih ada lagi Gedung Kotak. Dalam gedung ini terdapat bioskop 4 Dimensi yang bisa kita nikmati. Hanya saja waktu yang kurang memungkinkan sehingga kita dengan berat hati tidak mencoba arena 4 dimensi tersebut dikarena rombongan siswa/siswi SMA Negeri 2 harus melanjutkan perjalanan pulang munuju kota Sukabumi.


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
           
            Kegiatan ini sangat berguna bagi siswa-siswi karena dapat dijadikan ajang belajar sambil bermain dan itu lebih mengasikan dari pada siswa-siswi yang terus menerus belajar dikelas yang mau tidak mau harus menguasai materi yang di ajarkan tanpa tau bentuk pengaplikasian nyatanya seperti apa. Banyak sekali informasi dan wawasan ilmu pengetahuan yang kita dapatkan dari program tahunan study tour ini.

B.     Kesan-kesan dan Pesan

            Kesan dan pengalaman yang kita dapatkan selama mengikuti study tour Yogyakarta ini mungkin tak akan pernah bisa dilupakan dan kenangan itu akan menjadi sebuah cerita yang sangat menarik untuk dicerita kan kembali pada saat kita dewasa nanti. Kebersamaan yang sangat terasa pada saat berada diperjalan, dipenginapan pada saat ditempat objek wisata, foto bersama itu semua dapat menambah kekompakan serta rasa kekeluargaan antara siswa/siswi kelas XII SMA NEGERI 2 Sukabumi. Pesan atau sebuah masukan yang saya ingin sampaikan semoga study tour tahun depan lebih baik lagi mehingga dapat menunculkan kesan yang tidak bisa dilupakan oleh siswa/siswi kelas XII dan semoga tahun depan acara demi acaranya lebih dapat terkoordinir dengan baik.

10 komentar:

  1. Terima kasih informasinya , saya izin copy ya
    untuk dijadikan contoh

    BalasHapus
  2. terimakasih ijin copas ya hehe

    BalasHapus
  3. TQ kka Ats Copynya

    BalasHapus
  4. TQ ya kak, ijin copas

    BalasHapus
  5. izin ngcopy ya buat contoh, makasih..
    blognya kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan semoga bermanfaat, terimaksih

      Hapus
  6. makasih ych kak...dah bantu aqu buat laporan perjalanan'a....

    BalasHapus